Menghubungkan Pembelajaran ke dalam Masalah Virus Corona
- Rabu, 10 Juni 2020
- Berita Pengumuman Sekilas-info
- Administrator
- 0 komentar
Corona Virus merupakan sebuah virus yang ditetapkan menjadi sebuah pandemi. Salah satu upaya nyata yang dilakukan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran covid-19 adalah dengan pembelajaran yang hanya dilakukan di rumah saja baik guru maupun siswa. Kebijakan tersebut memaksa para pendidik dan peserta didik untuk melakukan pembelajaran melalui sistem daring. Pembelajaran sistem daring menuntut guru dalam melaksanakan kewajibannya memberikan pembelajaran bagi para siswa tetapi dari rumah dengan menggunakan pembelajaran Daring (menggunakan aplikasi Whatsaap). Penggunaan Whatsapp group dipilih karena aplikasi inilah yang paling umum digunakan oleh para siswa. Sehingga lebih mudah untuk berkomunikasi kepada siswa.
Dalam mata pelajaran Bahasa Arab materi yang saya g Dengan adanya Covid-19 saya gunakan yaitu dengan membaca dan menulis dengan bahasa Arab yang dimana pembelajaran tersebut dihubungkan dengan virus ini ke dalam pembelajaran. Jadi siswa tidak hanya mendapat pembelajaran mengenai materi bahasa arab yang dominan namun juga pengetahuan mengenai virus yang sedang merebak sehinnga mereka dapat berperan aktif dalam pencegahan Covid-19.
Pertama-tama saya mengingatkan mereka tentang penggunaan kalimat dalam penggunaan bahasa arab, berhubung bahasa ini bukanlah bahasa kita dan sangat jarang di gunakan, untuk itu membuat para siswa tertarik dan aktif dalam kelas daring maka saya mengadakan kuis. Saya memberikan kalimat dan mereka harus melengkapi kalimat tersebut menggunakan kata dalam bahasa arab dahulu setelah itu barulah saya bertanya apakah ada yang mampu menyempurnakan kalimat tersebut seperti dalam bahasa indonesia yang tepat. Cara ini cukup ampuh untuk menarik perhatian para siswa.
Untuk meningkatkan kreativitas siswa, saya menugaskan kepada mereka membuat kata-kata yang berhunungan tentang covid. Bagi siswa yang mengalami kesulitan untuk berbahasa arab saya merekomendasikan kepada mereka untuk menggunakan aplikasi kamus bahasa arab sebab berhubung sekarang sudah sangat janggih melalui android maupun komputer. Antusiasme para siswa untuk mengerjakan tugas yang saya berikan tidak terlampau mengecewakan.
Melihat prosentase keaktifan yang belum maksimal saya berusaha meningkatkan prosentase keaktifan siswa dengan beberapa cara antara lain: lebih aktif dalam memberikan pembelanajaran kemabli atau memotivasi siswa agar lebih giat mencari kosa kata, meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran daring dengan memberikan hasil yang baik sehingga penugasan yang menarik dan relevan untuk kehidupan sehari-hari siswa.